Selama hampir setengah abad Kompas menemani pembaca dengan menyuguhkan ragam informasi berkualitas dan berkelas sesuai dengan semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat". Harian Kompas senantiasa berinovasi dan tak pernah berhenti melakukan terobosan baru guna mempertahankan kepercayaan dari pembaca. Beberapa catatan penting terekam dalam upaya Kompas untuk menjadi koran nomor satu yang dipercaya pembaca dan mitra bisnis, sekaligus mengemban amanat yang tertera.

Harian Kompas

TENTANG KOMPAS

Harian Kompas adalah surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh PK. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama sejak 28 Juni 1965.

Mengusung semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat", Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam.

Lebih dari 2 juta pembaca dan pencapaian oplah terbesar mencapai 530.000 eksemplar setiap hari di semua provinsi di Indonesia. Kini Kompas terus tumbuh melihat jauh ke depan untuk menghadirkan informasi terpilih, terverfikasi, dan berkualitas untuk Anda.

28 JUNI 1965

Kompas resmi terbit pertama kali dengan tiras sebanyak 4.828 eksemplar. Edisi perdana Kompas berisi empat halaman.

17 SEPTEMBER 1978

Kompas Minggu terbit perdana dengan mengangkat artikel tentang gaya hidup, budaya pop, kuliner, keluarga, sastra, dan seni.

28 JUNI 2005

Kompas tampil dengan desain dan ukuran baru. Harian Kompas juga memperkenalkan sesi klasifikasi iklan terpisah dengan nama Klasika.

1 JULI 2009

Koran digital atau e-Paper Kompas diluncurkan. Inovasi digital ini mengalami beberapa perbaikan dan uji coba purwarupa selama setahun sebelum bisa diakses publik pada Juli 2009.